17 September 2013

Pengambilan Data Terakhir Secara Horizontal

Postingan kali ini mirip dengan artikel saya tentang pengambilan data terakhir juga, hanya berbeda bentuk tabel kasus dan penyelesaiannya.

Tabel Kasus 1:









Kita pengennya ambil data penjualan terakhir dari masing2x Sales Person, seperti ini :









Bagaimana rumus yang bisa diaplikasikan?
1.=INDEX(C2:G2;1;COUNT(C2:G2))
2. =OFFSET(B10;;COUNT(C10:G10))
3. =LOOKUP(9,99999999999999E+307;C18:G18)
4. =INDEX(C26:G26;MATCH(9,99999999999999E+307;C26:G26))
5. =INDEX(C26:G26;1;MAX((C26:G26<>"")*COLUMN(C26:G26))-COLUMN(C26:G26)+1)


Tabel Kasus 2 (Dengan Kriteria):













Rumus untuk mencari data sales terakhir dengan kriteria "Adi" dan "Sleman" adalah
=LOOKUP(2;1/(INDEX($C$42:$G$45;MATCH(B47&B48;$A$42:$A$45&$B$42:$B$45;0);)<>"");INDEX($C$42:$G$45;MATCH(B47&B48;$A$42:$A$45&$B$42:$B$45;0);))

Download File Latihan

10 komentar:

  1. Pak Rizky, saya Narno ada contoh kasus pengambilan data sebelum data terakhir dlm satu kolom c dan data yg sebarisnya di kolom i di sheet 1 yg hasilnya ingin saya taruh di sheet 2, yg blm ketemu rumus Excel nya. Bisa tolong di bantu? Kalau nggak keberatan saya emailkan file excelnya ke mana? Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas share ilmunya. Sudah saya coba dan berhasil hanya ada salah satu row yang tidak berjalan karena ada data dalam baris yang tidak terisi. Jika boleh saya mohon bantuannya. Jika boleh akan saya kirimkan filenya. Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa minta tolong dishare disini Pak untuk caranya.
      terimakasih

      Hapus
  3. Silahkan jika ada kasus excel yang ditanyakan dapat langsung kirim email saya di rizkybhendrawan@gmail.com atau rizky_bh@ugm.ac.id

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas rizky, saya mau ambl data harga dan tanggal terakhir. bisa tolong di bantu?

      Hapus
  4. Tolong di bantu masalah saya pak.
    Saya kiriim via email

    BalasHapus
  5. saya mau ambil data pada kolom terakhir dari sekian banyak kolom (data absensi), hampir sama dengan kasus 1
    mohon bantuannya ya....

    BalasHapus
  6. Silahkan yang ingin menanyakan kasusnya, silahkan kirim ke email saya di rizkybhendrawan@gmail.com beserta file excelnya dengan disertai penjelasan yang jelas mengenai hasil yang diharapkan

    BalasHapus