18 Juni 2015

Mengambil Data Unik (Extract Unique Values)

Selamat siang everybody, it's nice to see you again..........kali ini tulisan saya bertemakan mengambil data unik, sepert biasa saja lihat kasus kit hari ini........

1. Mengambil data Unik Tanpa Kriteria


















Kasus diatas jika table tidak ada yang kosong atau blank:
Rumus 1 (Array Formula):
=IFERROR(INDEX($A$3:$A$11; MATCH(0;COUNTIF($C$2:C2;$A$3:$A$11);0));"")
Rumus 2 (Non Array Formula):
=LOOKUP(REPT("Z";255);CHOOSE({1;2};"";INDEX($A$3:$A$11;MATCH(TRUE;INDEX(ISNA(MATCH($A$3:$A$11;$E$2:$E2;0));0);0))))
Rumus 3 (Non Array Formula):
=IFERROR(INDEX($A$3:$A$11;MATCH(0;INDEX(COUNTIF($F$2:F2;$A$3:$A$11);0;0);0));"")





























Jika tabel terdapat data yang kosong/blank, maka rumus diatas akan gagal kalkulasinya:
Rumus 1 (Array Formula):
=IFERROR(INDEX($A$16:$A$24; MATCH(0;COUNTIF($C$15:C15;$A$16:$A$24&"");0));"")
Rumus 2 (Array Formula):
=IFERROR(INDEX($A$16:$A$24; MATCH(0;IF(ISBLANK($A$16:$A$24);1;COUNTIF($E$15:E15; $A$16:$A$24)); 0));"")
Rumus 3 (Array Formula):
=IFERROR(INDEX($A$16:$A$24;SMALL(IF(FREQUENCY(IF($A$16:$A$24<>"";MATCH("~"&$A$16:$A$24&"";$A$16:$A$24&"";0));ROW($A$16:$A$24)-ROW($A$16)+1);ROW($A$16:$A$24)-ROW($A$16)+1);ROWS($A$1:A1)));"")
Rumus 4 (Array Formula):
=IFERROR(INDEX($A$16:$A$24;AGGREGATE(15;6;IF(FREQUENCY(IFERROR(MATCH(IF($A$16:$A$24<>"";$A$16:$A$24);$A$16:$A$24;0);"");ROW($A$16:$A$24)-ROW($A$16)+1);ROW($A$16:$A$24)-ROW($A$16)+1);ROWS($A$1:A1)));"")

2. Mengambil data Unik Dengan Kriteria


 Nah Kasus ke-2 ini mengambil data unik dengan kriteria, misalnya contoh di atas kita ingin mengambil produk PT. ABC, dan di tabel terdapat data duplikat atau yang sama, dan itu tidak diinginkan, hanya data unik saja yang diambil.

Rumusnya:
=IFERROR(INDEX($B$2:$B$11;AGGREGATE(15;6;IF(FREQUENCY(IFERROR(MATCH(IF($A$2:$A$11=$A$14;$B$2:$B$11);$B$2:$B$11;0);"");ROW($B$2:$B$11)-ROW($B$2)+1);ROW($B$2:$B$11)-ROW($B$2)+1);ROWS($A$1:A1)));"")



15 komentar:

  1. Mas Rizky bisa bantu aku buatin rumus yang tentang seperti diatas ??
    pas saya coba, pasin dengan format saya kemapa g work ya rumusnya ???
    bisa bangtu kirim by email mas rizky

    Teriam kasih

    BalasHapus
  2. Mungkin cara menekan ENTER-nya salah, karena rumusnya jenis rumus array perlu perlakuan khusus dalam dalam mengaplikasikannya, harus tekan secara bersamaan tombol CTRL+SHIFT+ENTER, kalau sukses akan muncul tanda kurung kurawal "{}"

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas logika rumusnya giman tuh ya

      Hapus
  3. Mas Rizky, jika result pada cell B14 dst harus berurutan berdasarkan kriteria pada kolom lain yang mengacu pada sebuah nilai bagiamana ya?

    Jadi intinya, pada data "produk" pada cell B2:B11 itu mempunyai kolom lagi yaitu C2:C11 yang berisi nilai masing2. Nah pada "Result" B14:B16 yang saya inginkan itu hasilnya berurutan mengacu pada data nilai kolom C2:C11.

    Tolong dibantu, Mas. Makasih Banyak ilmunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mencoba menebak yang dimaksudkan, apakah yang dimaksudkan berurutan adalah men-sort?, kalau jawabannya iya saya buatkan contoh di link ini

      https://simpan.ugm.ac.id/public.php?service=files&t=e005edd4bf6b0c86b6b74a878f30abcd

      Hapus
    2. Saya sudah mendownload contoh SORT Dengan dan Tanpa menghilangkan duplikasinya dan saya terbantu sekali. Yang ingin saya tanyakan,

      =IFERROR(INDEX($B$2:$B$11,MATCH(SMALL(IF(($B$2:$B$11<>"")*($C$2:$C$11=$A$23),COUNTIF($B$2:$B$11,"<"&$B$2:$B$11)),ROW(1:1)),COUNTIF($B$2:$B$11,"<"&$B$2:$B$11),0)),"")

      Rumus diatas kan adalah rumus mengurutkan data tanpa menghilangkan duplikasi dengan kriteria (Ascending)

      Nah, bagian mana yang harus dihapus dari rumus tersebut jika saya ingin data apa adanya tanpa diurutkan Ascending maupun Desending (Tetap tanpa menghilangkan duplikasi)

      Terimakasih sebelum dan sesudahnya

      Hapus
  4. mas penjelasan dari rumus array itu gmn ??

    BalasHapus
  5. mas penjelasan match(0;countif(....);) dalam fungsi array itu gimana??

    BalasHapus
  6. Setelah membaca artikel blog bapak http://tips-rumus-excel.blogspot.co.id/2015/06/mengambil-data-unik-extract-unique.html
    Saya coba okrek-okrek rumus, tapi tidak bisa.

    Pak, saya ingin menampilkan data (tanggal-tanggal) yang ada di Shet DB, ditampilkan di Shet Rekap, dengan banyak kriteria:
    1. Bulan
    2. Tahun
    3. No. Induk Guru
    4. Kode Pelajaran dan Kelas
    5. Jurusan
    6. Jam Ke
    7. Kls
    8. Kode Gaji

    mohon bantuannya ya pak ya....
    sebelumnya terimakasih....
    File saya lampirkan di email

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan kirim file excelnya ke email saya di rizkybhendrawan@gmail.com

      Hapus
  7. Min.. ane nyoba Rumus 2 (Array Formula) tp value cell yang ada rumus yang menghasilkan value BLANK kok tetep muncul pada saat sorting ya??
    btw nice post min...

    BalasHapus
  8. Min gimana kalo datanya tanggal kok gag work, mohon solusinya

    BalasHapus
  9. MOHON BANTUANNYA MIN, UNTUK KASUS JIKA INGIN MEMUNCULKAN JUMLAH RECORD DENGAN MENGHILANGKAN DUPLIKASI SETELAH DI FILTER.
    MOHON SOLUSINYA

    BalasHapus
  10. saya copas rumusnya ke excel kok error ya mas ? sy copas contoh kasus ke dua

    BalasHapus
  11. pak mau tanya kl untuk yang 3 kriteria giman rumus nya ya

    BalasHapus