2 Januari 2013

Menghitung Kelompok Umur

Saya ingin memberikan contoh penerapan rumus excel untuk mengetahui berapa jumlah kelompok umur dari sebuah tabel database umur.

Berikut Tabel Database Umur :


Kriteria yang dicari adalah sebagai berikut:
a. Kurang dari 30 Tahun
b. 30 - 40 Tahun
c. 41 - 50 Tahun
d. Lebih dari 50 Tahun


Saya akan memberikan contoh pemecahan masalah perhitungan ini dengan 5 Solusi dibawah ini :

Solusi 1:


Pada contoh diatas, saya menambahkan Kolom Logic untuk memberikan pemahaman logikanya, seperti berikut :
a. < 30 Tahun --> Jelas
b. 30 - 40 Tahun --> Yang jadi patokan angka 30 saja, jadi >=30
c. 41 - 50 Tahun --> Yang adi patokan angka 41 saja, jadi >=40
d. > 50 Tahun --> Jelas

Perhatikan jika Kolom Logic saya hilangkan :

Solusi 2:


Mudah-mudahan jelas ya..... 

Solusi 3:
Di solusi 3 ini disisipkan Array Formula, coba diperhatikan :
Rumus Array digunakan untuk mencari Range Umur :
30 - 40 Tahun dan 41 - 50 Tahun

Silahkan anda gunakan rumus ini untuk pemecahan masalah yang serupa dengan range umur sesuai kebutuhan.


Solusi 4: COUNTIF-1

Solusi 5: COUNTIF-2






Banyak jalan menuju Roma kan.... Guys... ;)


Solusi 6: dengan COUNTIFS
 Fungsi COUNTIFS() ini tersedia di Excel 2007 dan 2010.

Solusi 7: dengan SUMPRODUCT







Solusi 8: Menggunakan SUM dan IF










Solusi 9:







Solusi 10:



Download File Latihan

76 komentar:

  1. Kolom "B" kalau diisi "UMUR REALTIME" dari data, misal dengan =DATEDIF(B4,NOW(),"Y") koq gak bisa ya... Jadinya percuma kalau diisi manual dengan angka yang tidak realtime... gimana nih ngatasinya.

    BalasHapus
  2. Ada 2 kemungkinan menghasilkan error :
    1. Apakah cell B4 sudah diisi tgl lahir yang akan dihitung?

    2. Rumus bapak sudah betul pak, hanya saja saya lihat rumus anda menggunakan pemisah koma "," , cobalah anda ganti dengan titik koma ";"
    menjadi =DATEDIF(B4;NOW();"Y")

    BalasHapus
  3. Alternatif untuk rumus bapak

    =DATEDIF(DATE(1990;10;8);NOW();"Y")

    DATE(1990;10;8) --> berisi Tahun, Bulan dan Tanggal Kelahiran yang dihitung umurnya

    BalasHapus
  4. mas Rizky yth,

    Saya mohon bantuannya... saya bekerja dibidang teknik sipil, permasalahan saya adalah. saat saya membuat RAB , daftar bahan dibuat dengan format vertikal, bagaimana caranya agar bisa dibuat horizontal dan terbagi dalam kelompok berdasar nama bahan.... agar mudah menjumlahkannya.

    BalasHapus
  5. mas Rizky yth,

    Saya mohon bantuannya... saya bekerja dibidang teknik sipil, permasalahan saya adalah. saat saya membuat RAB , daftar bahan dibuat dengan format vertikal, bagaimana caranya agar bisa dibuat horizontal dan terbagi dalam kelompok berdasar nama bahan.... agar mudah menjumlahkannya.

    BalasHapus
  6. Apakah Bapak bisa memberi contoh dummy workbook-nya Pak? dan hasil yang diinginkan... mudah-mudahan saya bisa bantu, kirim ke email saya di rizky@mmugm.ac.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana menghitung umur, jenis kelamin dan diagnosa

      Hapus
  7. BAGAIMANA CARA MENGHITUNG KALAU DITAMBAHKAN PERTANYAAN BERAPA JUMLAH LAKI-LAKI DENGAN UMUR 40-50 TAHUN ? MOHON PENCERAHANNYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak, dengan asumsi menggunakan tabel contoh diatas, ditambahkan jenis kelamin pada Kolom C :
      =SUM(($B$3:$B$11>=41)*($B$3:$B$11<=50)*(C3:C11="Laki-laki"))
      jadi tinggal bisa ditambahkan kriteria yang dibutuhkan
      Oh ya pak ini Rumus Array jadi tekan CTRL-SHIFT-ENTER bersamaan setelah input rumusnya....

      Hapus
    2. Terimakasih sekali untuk pencerahannya Pak, namun apakah ada fungsi excel yang lebih sederhana, tanpa menggunakan Rumus Array??

      Maturnuwun

      Hapus
  8. makasiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

    BalasHapus
  9. bagaimana cara menghitung jika saya mempunyai satu kolom terdiri dari a,b,c,b,b,d,e
    dari kolom tersebut dapat kita lihat ada 3 jenis huruf yaitu a,b,c,d,e
    bagaimana jika dibuat rumus dengan excel untuk mencari jumlah jenis huruf tersebut?

    BalasHapus
  10. Mksih gan..moga sehat selalu, Amin.

    BalasHapus
  11. Mksih gan..moga sehat selalu, amin

    BalasHapus
  12. Mohon pencerahan gan...saya dah coba sulusi no. 6 dan BERHASIL, tp saya ingin tahu dari hasil pengelompokan umur itu yang Lk brp dan Pr brp gimana rumusnya gan. mksih bngt pncerahannya. Moga sehat slalu. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. SIlahkan pak untuk solusi tersebut dibaca di posting terbaru di

      http://tips-rumus-excel.blogspot.com/2015/02/menghitung-kelompok-umur-2.html

      Hapus
  13. ALHAMDULILLAH...SUKSES UNTUK PENCERAHANNYA PAK. JADI MERASA TAMBAH PINTEEER HEHEHEHE. SEKALI LG MKSIH ATAS PENCERAHANNYA DAN SMOGA BAPAK TAMBAH SUKSES DAN SEHAT SELALU. AMIN.

    BalasHapus
  14. PAK..SAYA PINGIN TMBH PINTER LAGI INI. HIHIHI..BGMN HITUNG CELL YANG DI TANDAI DNG BLOK WARNA DAN APAKAH UMUR YG TLH DI KELOMPOKKAN BERDASARKAN KRITERIANYA BISA DI BERI WARNA TERSENDIRI? MOHON ILMUNYA..MKSIH

    BalasHapus
  15. Bpk.. saya pengen membuat seperti aplikasi untuk olah data penduduk. jadi seperti kotak dialog yang bisa untuk menghitung ataupun melihat data penduduk dalam beberapa kategori, misalnya menghitung kelompok umur per RT, per Dusun, Lk/Pr dst. ataupun jumlh kelompok umur, misal kelompok O tahun Berapa Orang, Kelompok 1 tahun berpa orang dst. sekiranya bs membantu.. Data Best Penduduk sudah siap. mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kalau memakai kotak dialog atau aplikasi itu perlu makro/VBA pak.... nah saya tidak ahli disitu, saya hanya mendalami rumus saja, mungkin saya bisa batu kalo rumus pak... silahkan jika ada yang ditanyakan secara detail, email saya di rizky_bh@ugm.ac.id atau di rizkyu@aol.com atau rizkybhendrawan@gmail.com

      Hapus
  16. Mas mohon bantuannya
    untuk menentukan umur saya menggunakan rumus

    =DATEDIF(E10,$B$7,"y") & " Tahun " & DATEDIF(E10,$B$7,"ym") & " Bulan " & DATEDIF(E10,$B$7,"md") & " Hari "

    setelah pakai rumus di atas hasilnya 20 tahun 2 bulan 10 hari
    hasil itu sdh sesuai dengan yang di inginkan

    yang jadi masalah buat saya
    dari hasil rumus itu, misalkan di kolom d4 saya mau mengelompokkan umur sesuai dengan kategori yang sudah di tentukan

    misalnya umur 20 tahun - 29 tahun itu masuk kategori 1
    umur 30 tahun - 39 tahun itu kategori 2
    umur 40 - 49 tahun itu kategori 4 dst

    bagaimana rumus untuk mengelompokkannya mas
    mohon pencerahannya

    BalasHapus
  17. Letakkan di F10

    ="Kategori "&LOOKUP(DATEDIF(E10;$B$7;"y");{20;30;40;50};{1;2;3;4;5})

    copy ke bawah

    BalasHapus
  18. saya ingin bertnya maslah rumus countifs pak
    bisa tidak rumusnya membaca waktu ?

    ex : 09:00 >= 09:59

    atau rumusnya hanya bisa membaca angka yg pasti pak

    BalasHapus
  19. Saya pikir tidak masalah mas menggunakan COUNTIFS untuk menghitung waktu

    BalasHapus
  20. Mas, mohon bantuannya. Saya punya data nilai anak, saya ingin membaginya ke-3 kelompok; remedial, pengayaan, dan tutor. Rumusnya gimana mas ya? Saya bingung.

    BalasHapus
  21. Mungkin bisa lebih jelas dikirim saja contoh file-nya ke email saya di rizkybhendrawan@gmail.com

    terima kasih

    BalasHapus
  22. Mohon bantuanya.....

    Saya punya data (anggap master data) kependudukan, di dalamnya ada spt nama, umur, sekolah, jenis kelamin dllnya. Bagaimana caranya membuat rumus untuk membuat data sekolah, tidak sekolah berdasarkan kelompok umur, jenis kelamin....

    BalasHapus
  23. Mohon bantunnya mas....

    Saya punya data (anggap master data) kependudukan, di dalamnya ada umur, jenis kelamin,sekolah, pekerjaan dll.....

    Yang ingin saya tanyakan bagaimana caranya membuat rumus untuk menentukan sekolah, tidak sekolah berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak ada contoh file excel-nya? silahkan kirim ke rizkybhendrawan@gmail.com
      mudah2xan saya bisa bantu

      Hapus
  24. Bapak nanya dong. Kalo rumus excel untuk menghitung jumlah interval waktu dalam jam apa ya?
    misal saya mau menghitung jumlah data dengan interval waktu antara jam 6:00-8:00 dalam satu kolom. Makasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, mungkin seperti ini

      =COUNTIFS(A1:A100;">=8:30";A1:A100;"<=9:00")

      Hapus
  25. Pa mohon bantuannya, saya punya data yg hampir mirip dengan contoh di atas, cuman masalahnya umur disini dari data saya bukan ke orang tapi ke product, sudah berhasil menggunakan rumus di atas tapi saya harus menambahkan lagi berapa Kilo Gram dari masing2 criteria. Bagaimana rumusnya pa?

    BalasHapus
  26. Apakah ada contoh kasusnya pada file excel? SIlahkan kirim ke rizkybhendrawan@gmail.com

    BalasHapus
  27. Pak Rizky yth,.
    Mohon bantuannya pak, bagaimana cara mencari jumlah penduduk menurut kelompok usia lima tahunan, sementara data yang ada hanya jumlah penduduk menurut usia tunggal?

    BalasHapus
  28. izin mengunduh dan menggunakan, terima kasiiih

    BalasHapus
  29. Dh,
    pak rizki saya mau bertanya saya menggunakan rumus =DATEDIF(I9;TODAY();"y")
    untuk menghitung umur warga sesuai dengan tanggal lahirnya,
    namun kalo tanggal lahirnya tidak diisi maka menghasilkan nilai ratusan (116)

    pertanyaan saya, karena saya copy rumusnya to all colom, bisa ga yang tidak diisi tanggal lahirnya menghasilkan nilai 0 atau kosong, terima kasih

    salam dan sukses

    BalasHapus
  30. Makasih ni infonya gan akan langsung dicoba.

    BalasHapus
  31. pak rizky,

    saya menggunakan rumus DATEIF untuk menghitung masa studi

    =DATEDIF(E388;F388;"y") &" Tahun "& DATEDIF(E388;F388;"ym") &" Bulan "& DATEDIF(E388;F388;"md") &" Hari"

    sekarang saya perlu menghitung rata-rata dari masa studi tersebut, mohon solusinya pak & trimakasih.

    BalasHapus
  32. P Rizky, saya ada kirim email ke P Ricky, untuk merubah data di sheet 1 dibaca baris, kemudian di sheet 2 dipindahkan dan di baca per kolom, mohon bantuannya,,,,Timotius Yopie

    BalasHapus
  33. Saya kesulitan dalam pembagian umur, data baru dan lama serta pengelompokan laki-laki dan perempuan, Pak Rizky mohon bantuan.,,,,, misbahuddin. terimakasih sebelumnya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ada kasus file excel-nya, kirim saja ke email saya di rizkybhendrawan@gmail.com atau rizkyu@aol.com, disertai dengan penjelasan yang detil tentang hasil yang diinginkan

      Hapus
  34. mohon bantuannya soal ini rumusnya bagaimana?

    1. jika jenis kelamin = 0 atau umur >= 20 maka panggil
    jika jenis kelamin = 1 atau umur < 20 maka Tolak

    2. jika jenis kelamin = 0 dan umur berkisar antara 20 sampai 25 maka lulus
    jika jenis kelamin = 1 dan umur berkisar 26 sampai 30 maka Lulus Bersyarat
    selain itu maka gagal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan udah beres ngerjainnya saya punha soal yang sama

      Hapus
  35. Mas saya mau nanya, Klo misalnya umur 30 Nya masuk cell A16 umur 40 masuk cell B16, bisa kah kriteria dr rumus countif nya itu nilai minimalnya lgsung klik cell A16 Dan nilai maksimalnya langsung klik cell B16? Jd tanpa ngetik manual nilai minimal sama maksimalnya, soalnya saya coba hasilnya selalu 0
    Mohon penjelasannya Dan terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  36. Mas ada g contoh untuk mencari nama siapa saja yang jenis kelamin laki dan perempuan dan kelas berapa, dengan memasukkan jenis kelamin apa dan kelas berapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika anda punya kasus file excelnya kirim saja ke email saya di rizkybhendrawan@gmail.com atau di rizkyu@aol.com

      Hapus
  37. PAK RIZKY SEMOGA DIBALAS YA SEKARANG JUGA. misalkan data rw ada banyak kolom seperti no, nik, nama, alamat, tempat tanggal lahir, dan yang saya tanyakan disini bagaimana cara pengemlompokkan umurnya, misalkan bayi 0 - 6 tahun sedangkan disitu tertulis tempat tanggal lahir bukan usianya, dan bagaimana cara mengempokkannya misalnya bayi : langsung ada datanya secara otomatis data - data yang termasuk bayi akan masuk pada sheet/kelompok bayi

    BalasHapus
  38. pak rizky. bagaiman cara mengemlompokkan semua data secara otomatis sesuai kelompoknya misalkan bayi 0 - 6 tahun, jadi data yang ada (no, nik, nama, ttl, alamat) langsung secara langsung terkelompokkan di row bayi giman caranya ......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan pertanyaan dikirim ke email saya di rizkybhendrawan@gmail.com atau di rizkyu@aol.com dengan disertai penjelasan yang detil

      Hapus
  39. tks, pak rizky saya mau coba di terpkan di rt.

    BalasHapus
  40. Pak blh bantu saya buatkan rumus untuk perhitungan hari kerja karywan.
    NO NAME 1-Jan-2017 Attendance Total Day
    SUN MON TUE WED THU FR SAT SUN MON TUE WED THU FR SAT SUN MON TUE WED THU FR SAT SUN MON TUE WED THU FR SAT SUN MON TUE AB SL L M A N OFF HL CS
    1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31
    1 Paiman OFF HL L L A A N N OFF OFF OFF M M A A N N N OFF OFF M M A A A N N OFF OFF M M 0 0 2 6 7 7 8 1 0 22

    BalasHapus
  41. Kurang jelas mbak, saya lebih senang jika anda kirim file excel anda ke email saya di rizkybhendrawan@gmail.com atau rizkyu@aol.com dengan disertai penjelasan yang detil

    BalasHapus
  42. Pak rizki.
    Saya ingin mengelompokkan umur, tetapi data yg tercantum itu dlm bentuk tgl lahir..
    Apakah ada rumus untuk masalah tersebut ?

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  44. BAGAIMANA JIKA GOLONGAN UMURNYA BERVARIASI, MISAL MAU MENGHITUNG JUMLAH BAYI DENGAN KATEGORI UMUR 0-11 BULAN, REMAJA (10-19 TAHUN DI PENDATAAN PENDUDUK. MAKASI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jika anda punya contoh kasusnya (file excel) kirim saja ke email saya di rizkybhendrawan@gmail.com atau di rizkyu@aol.com

      Hapus
    2. mas saya sudah email mas tadi, mohon bantuannya ya

      Hapus
  45. jika pada umur saya menggunakan rumus =(+$L$7-K250)/365 kolom "K" adalah tgl lahir maka rumus apa yg bisa saya gunakan untuk membagi umur 20-30 dan 30-40 dan 40-60

    BalasHapus
  46. Pak Rizky yth,.
    Mohon bantuannya pak, saya punya data pengukuran ribuan,bagaimana cara membuat data menjadi sedikit dengan cara me rata2kan setiap 60 data menjadi 1 data ya pak?

    Balas

    BalasHapus
  47. mantaf sekali semoga bpk Rizky sehat selalu sehingga bisa terus membagikan ilmunya

    BalasHapus
  48. jika tanggal lahir tidak diisi kan hasilnya 116 atau 118.. itu bisa diatasi g dengan nilai 0 atau kosong tanpa isi? mohon pencerahannya pak.

    BalasHapus
  49. Terima kasih banyak atas bantuannya

    BalasHapus
  50. Terima kasih juga mas Mursal sudah berkunjung

    BalasHapus
  51. Bang, Minta tolong bagaimana membuat pengelompokan kategori berdasarkan usia. misal, usia 0-5 tahun maka balita, 6-15 maka anak-anak, dst.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan pertanyaan dikirim ke email saya di rizkybhendrawan@gmail.com atau di rizky_bh@ugm.ac.id dengan disertai penjelasan yang detil

      Hapus
  52. bang, bagaimana cara mengelompokkan jumlah usia berdasarkan umur ex: 1-5 Tahun,5-10 Tahun,10-15 Tahun (pernah gunakan rumus COUNTIF tp bingung) makasih sbelkumnya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jka masih bingung punya file kasusnya silahkan kirim ke email saya di rizkybhendrawan@gmail.com

      Hapus
  53. Pak, kebanyakan diatas kan kasusnya 1-5, 10-20. jdi kalau misalnya terpisah gimana y pak, misalnya 1 tahun sendiri, 2 tahun sendiri, dan seterusnya..
    mohon bantuannya pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ada pertanyaan silahkan kirim file excelnya ke email saya di rizkybhendrawan@gmail.com

      Hapus
  54. Salut dan kagum buat Pak Rizky atas ilmu Excel nya sangat berguna sekali, dan akhirnya sampai juga blog paling awal bermula tanggal 2 Januari 2013

    Rumus sederhana yang digabung studi kasus menjadikannya sesuatu yang berarti, Terima kasih banyak tutorialnya

    BalasHapus