24 Agustus 2015

Konverter Penanggalan Masehi, Hijriyah dan Jawa

Hi, baru hari ini sempat posting lagi, masih berkisar tentang tanggal, seperti diketahui ada beberapa kalender yang dipakai secara luas di masyarakat Indonesia tercinta ini. Yaitu konverter penanggalan / kalender Masehi, Hijriyah dan Jawa. Agak lama saya mengerjakannya karena kesibukan di pekerjaan. Langsung ya guys and girls, konverter ini tinggal pakai dan mudan2xan cukup akurat, silahkan dilihat tampilannya di bawah ini :

Jadi ada 3 drop down list dan 1 text box, yang pertama untuk memilih format penanggalan yang ingin anda konversi, sisanya adalah Tgl, Bulan dan Tahun unntuk input, khusus tahun (text box) anda harus mengisi secara manual (diketik). Kemudian hasilnya ada dibawah, selain tanggal hasil konversi saya tambahkan untuk misalnya tanggal yang diinput adalah tanggal lahir seseorang, sudah lama saya kepengen buat konverter tanggal ini, Alhamdulillah jadi.

Tidak terlupa selain konverter tanggal ini saya tempatkan juga Tabel Bantu saya letakkan pada sheet lain, ada 3 sheet yang digunakan untuk tabel bantu, mohon tidak diutak atik untuk menghindari error atau kesalahan rumus.


Dan terakhir ini adalah file dengan macro enabled so silahkan diaktifkan waktu buka filenya jika ingin menggunakannya dengan cara meng-klik "Enable" dari konfirmasi yang muncul oleh Excel.

KLIK UNTUK DISINI DOWNLOAD FILE

8 komentar:

  1. ijin unduh gan...matur nuwun ..sudah lama saya cari yang semacam ini. tapi karena saya orang jawa yang rajowo. jawa timur. gak paham istilah jawa. mohon bisa di tambah arti dari istilah2 jawa tersebut. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo pak, memang tidak saya sertakan pak karena lebih forkus ke excel-nya, untuk arti bapak bisa search di Google dengan kata kunci "Ki Demang" atau "Pewarigaan Bali"

      Hapus
  2. Mas Rizky, saya mencoba modul excelnya namun demikian untuk hasil convert ke tanggal jawa lebih satu hari. Untuk hasil wuku kebawah menjadi berubah mas..saya mau coba utak-atik functionnya tp blm ketemu...mohon bantuannya krn excelnya sangat membantu..nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah lebih 1 hari untuk semua tanggal Pak? Betul pak rumus saya masih ada kelemahan, untuk hijriyah juga masih ada kemungkinan lebih ataupun kurang dari 1 hari

      Hapus
  3. saya ucapkan terima kasih .. sangat simpel dan sebagai masukkan untuk masehi ada beberapa ketentuan bahwa tahun 1700, 1800, 1900 bukan kabisat serta ada perubahan pada tanggal 4 okt 1582 (kamis) besoknya langsung ke tanggal 15 okt 1582 (jum'at)... salam sukses selalu

    BalasHapus
  4. mengapa jika di buka di google sheet jadi error

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya antara rumus di google sheet dan ms excel berbeda jadi tidak kompatibel

      Hapus