1 Februari 2015

KONVERSI HIJRIYAH KE MASEHI DAN SEBALIKNYA

Halo and Greetings guys........................

Saya berusaha membuat konverter tanggal hijriyah ke masehi dengan mencari informasi di internet mengenai cara perhitungannya, tetapi selalu gagal, karena banyak penjelasan yang kurang lengkap dan memadai. Kemudian saya menemukan disini:

repo.unnes.ac.id dan dibuat oleh Andi Pangerang, beliau memberikan step by step kalkulasinya, salut kepada bapak Andi Pangerang. Kemudian saya mencoba meringkasnya tanpa menggunakan banyak tabel lookup, tetapi berdampak rumusnya panjang.. yah ndak papalah. Saya juga membuatkan konversi dari Masehi ke Hijriyah dengan memanfaatkan fasilitas dari MS Excel.

Inilah image dari konverter tersebut:
1. KONVERSI HIJRIYAH KE MASEHI














2. KONVERSI MASEHI KE HIJRIYAH













Silahkan anda DOWNLOAD FILE

2 komentar:

  1. Pada rumus bapak, Shafar umurnya 29 hari, pada kalender umurnya 30 hari. Settingnya gimana?

    BalasHapus
  2. Saya sudah buat yg akurat di

    http://tips-rumus-excel.blogspot.co.id/2015/08/konverter-penanggalan-masehi-hijriyah.html

    BalasHapus