25 Juli 2013

Mengambil Data dengan Multi Kriteria

Langsung saja ke TKP

Tabel Kasus:














4 Kriteria :







Dan kita ingin mengambil data pada kolom ke 5 (Kolom Sales).

Rumus 1:
=SUMIFS(E2:E11;A2:A11;B14;B2:B11;B15;C2:C11;C14;D2:D11;C15)

Rumus 2:
=SUMPRODUCT(E2:E11;(B2:B11=B15)*(A2:A11=B14)*(C2:C11=C14)*(D2:D11=C15))

Rumus 3: Rumus Array
=INDEX(E2:E11;MATCH(B14&B15&C14&C15;A2:A11&B2:B11&C2:C11&D2:D11;0))

Rumus 4: Rumus Array
=VLOOKUP(B14;IF((B2:B11=B15)*(C2:C11=C14)*(D2:D11=C15);A2:E11;"");5;FALSE)

Rumus 5: Rumus Array
=SUM(E2:E11*(B2:B11=B15)*(A2:A11=B14)*(C2:C11=C14)*(D2:D11=C15))

Rumus 6: Rumus Array
=VLOOKUP(B14&"/"&B15&"/"&C14&"/"&C15;CHOOSE({1\2\3\4};A2:A11&"/"&B2:B11&"/"&C2:C11&"/"&D2:D11;E2:E11);2;FALSE)

Rumus 7: Rumus Array
=INDEX(E2:E11;MATCH(1;(A2:A11=B14)*(B2:B11=B15)*(C2:C11=C14)*(D2:D11=C15);0))

Rumus 8: Rumus Array
=INDEX(E2:E11;SUMPRODUCT(--(A2:A11=B14)*(B2:B11=B15)*(C2:C11=C14)*(D2:D11=C15)))

Rumus 9: Rumus Array
=INDEX(E2:E11;MATCH(1;IF(A2:A11=B14;IF(B2:B11=B15;IF(C2:C11=C14;IF(D2:D11=C15;1));0))))

Rumus 10: Rumus Array
=IFERROR(INDEX(E:E;MATCH(1;(A:A=B14)*(B:B=B15)*(C:C=C14)*(D:D=C15);0));0)

Rumus 11: Rumus Array
=INDEX(A2:E11;MATCH(B14&B15&C14&C15;A2:A11&B2:B11&C2:C11&D2:D11;0);5)

dan mungkin masih ada variasi rumus yang lain dan belum ditemukan...... silahkan anda coba2x

Download File Latihan

245 komentar:

  1. Boz, kalo mau ngambil data dengan kolom seperti ini:

    Sheet Data
    Nama Item - Harga Jual End User - Harga Jual Reseller

    Sheet Penjualan
    Tanggal - Nama Item - Jumlah Item - Harga Jual - Total Harga

    Untuk Rumus Vlookupnya pada kolom Harga Jual seperti apa?

    Trims sebelumnya

    BalasHapus
  2. Punya contoh filenya? supaya akurat hasilnya? bisa dikirim ke rizkyu@aol.com

    Regards

    BalasHapus
  3. mau ambil data nama dan nip, dipindahkan ke kolom dan yang berbeda gmn rumusnya??

    MAINAR, S.Pd
    19650516 198903 2 005
    -, 16-05-1965

    YUNASRIL, SH, MM
    19620622 198203 1 004
    PADANG, 22-06-1962

    misal, 3 baris data diatas ada pada colom B row 5,6,7.
    saya butuh data B 5 -> ke kolom baru dan B6 =>kekolom lainnya.
    how?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin seperti ini? silahkan input di cell C5 dan copy ke bawah:

      =IF(INDEX($B$5:$B$11;ROWS($B$5:B5))=0;"";INDEX($B$5:$B$11;ROWS($B$5:B5)))

      Cheers

      Hapus
  4. Pak Rizky terima kasih atas bantuannya, rumus excelnya maknyosss...., padahal sudah saya pakekan rumus2 mulai dari vlookup, index match dll gak berhadil dan telah keliling di google gak dapat2, dengan memberanikan diri mengirim e-mail permasalahku ini ke Bapak dan jrenggggg..... SOLVED.... terima kasih Pak......

    BalasHapus
  5. oo iya Pak maaf boleh minta penjelasan rumusnya Pak

    =IFERROR(IF(INDEX($I$13:$I$1421-INT($I$13:$I$1421),MATCH(1,($J$13:$J$1421=$B$10)*(INT($I$13:$I$1421)=C13)*($I$13:$I$1421-INT($I$13:$I$1421)<=TIME(8,0,0)),0))=0,"-",INDEX($I$13:$I$1421-INT($I$13:$I$1421),MATCH(1,($J$13:$J$1421=$B$10)*(INT($I$13:$I$1421)=C13)*($I$13:$I$1421-INT($I$13:$I$1421)<=TIME(8,0,0)),0))),"-")

    BalasHapus
  6. Sama2x Pak Amin......

    Rumusnya memang agak panjang, tetapi intinya hanya ini :

    =INDEX($I$13:$I$1421-INT($I$13:$I$1421);MATCH(1;($J$13:$J$1421=$B$10)*(INT($I$13:$I$1421)=C13)*($I$13:$I$1421-INT($I$13:$I$1421)<=TIME(8;0;0));0))
    (Rumus ini untuk Jam Masuk), sebetulnya ndak jauh beda dengan rumus INDEX dan MATCH yang biasa untuk ambil data, hanya saja ada modifikasi karena untuk menganbil waktu dari data yang formatnya Tanggal+Waktu, rumus dasar untuk mengambil waktu dari format data seperti itu adalah =A1-INT(A1), kalau berupa Array jadinya =A1:A10-INT(A1:A10), rumus inilah yang kemudian saya masukkan di rumus INDEX + MATCH... Maaf kalau tidak jelas, saya memang kurang bisa kalau menjelaskan sesuatu ;)

    BalasHapus
  7. oooo.... ya ya ya ya..... itu Pak yang bikin bingung saya ngambil jam/waktunya itu gak tau hehehe.... Bapak kasi tahu ya ngerti de sekarang saya, trus yang tanda * (bintang) itu untuk apa Pak ?
    sekali lagi terima kasih Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanda * pada rumus di atas untuk menggabungkan beberapa kriteria, ya mungkin seperti fungsi AND pak...

      Hapus
    2. oo untuk menggabungkan y disini * itu bukan untuk perhitungan perkalian y, biasanya kan pake '&' untuk penggabungan, bedanya apa Pak, maaf tanya lagi hihihih...

      Hapus
    3. Kalo tanda * lebih ke peggabungkan criteria untuk kalkulasi untuk menghasilkan nilai TRUE atau FALSE, kalo tanda "&" lebih untuk menggabungkan 2 teks atau 2 rumus atau lebih

      Hapus
  8. kalau mecahin rumus kayak gmana caranya bos, sulitx cari di tabel 1 dikelompokkan gmana "=VLOOKUP([@[BP_UNITNO]],Table1[#All],3,FALSE)"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang jelas pertanyaannya, apakah maksudnya mencari range dari Tabel1? Kalo iya, mungkin ini infonya, Range tabelnya ndak keliatan karena sudah diganti dengan Nama yaitu Tabel1, cara mencari range dari Tabel 1, klik saja drop down menu pada indikator alamat Cell, nanti muncul Tabel1, tinggal klik aja ppake mouse

      Hapus
  9. Pertanyaan simple tapi belum ketemu juga caranya.. penyelesaian kasusnya?
    "jika ingin mengetaui hasil dengan 2 kriteria tanpa menggunakan cell reference"
    ini:
    jika dari table kasus diatas saya ingin menampilkan hasil di cell (mungkin array) G2-dst berupa salesman.. dari hasil 2 kriteria/kondisi: jika C2:C11= timur dan D2:D11= beras?

    simplenya pertanyaannya gini:
    siapa yang melakukan penjualan beras di wilayah timur?
    di tampilkan di cell G2-dst (jika berupa hasilnya lebuh dari 1 orang)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin seperti ini:
      =INDEX($B$2:$B$11;SMALL(IF(($C$2:$C$11="Timur")*($D$2:$D$11="Beras");ROW($B$2:$B$11)-MIN(ROW($B$2))+1);ROWS($A$1:A1)))

      Array Formula, kemudian copy ke bawah

      Kebetulan yang ada di data hanya satu penjual yang memenuhi kriteria tersebut, silahkan Bapak coba menambahkan data pada tabel diatas yang sesuai kriteria:
      1. Jualan Beras
      2. Areanya Timur

      Salam

      Hapus
  10. Maaf mw tanya.

    Ada kasus
    Di sheet 1. Ada data transaksi
    Dgn header (no|kode debet/kredit|kode rek|uraian|debet|kredit|jumlah

    Di sheet 2. Dikehendaki muncul data yg ingin saja dengan kriteria kode debet/kredit dan kode rek.

    Bingung. Soalnya kodw reknya lmayan bnyak jd mau dipwcah.

    Bagaimn ya pak?
    Trims.
    Mas.imam@gmail.com

    BalasHapus
  11. Mungkin susah kalau tidak melihat filenya Pak, kalau tidak keberatan kirim saja contoh problemnya Pak, kalau datanya rahasia, silahkan pakai data palsu, yang penting menggambarkan permasalahan dan pemecahan yang Bapak inginkan, kirim saja ke rizkybhendrawan@gmail.com, mudah2xan bisa bantu....

    BalasHapus
  12. Yg rumus 3 -11 koq #VALUE semua gan???? Rumusnya apa gak kliru????

    BalasHapus
  13. ok sip", numang tny lg knp hrs tekan spt itu pak??? Tekan itu utk apaan?
    Diantara rumus" td yg termudah menurut bpk apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan di download file ini Pak, saya ada sedikit penjelasan tentang rumus array ini beserta contoh yang lebih sederhana..

      https://www.dropbox.com/s/gcp373u8do955ph/Tentang%20Rumus%20Array.xlsx

      Hapus
    2. Pak tplong dijelaskan secara detil fungsi2 nya spt tanda *, dll, sy msh bingung penggunaan array itu dari contoh file yg dr dropboz itu

      Hapus
    3. Tanda * adalah untuk mengalikan Pak....

      Hapus
  14. maap mau tanya

    kalau mau mencari nilai maksimum berdasarkan 2 kriteria gimana caranya pak? contohnya misalkan saya mau mencari nilai maksimum Sales Joni pada tgl 1 Januari 2013..

    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. =MAX(IF((B2:B11=B15)*(A2:A11=B14);E2:E11)) Rumus Array

      dengan memkai contoh tabel kasus diatas

      Hapus
  15. Mohon bantuanya bapak, untuk kasus yang saya email

    BalasHapus
  16. Pak rizky barusan saya email bapak, mohon pencerahannya pak.

    Terima kasih,

    Salam,
    alpha.alan.darma@gmail.com

    BalasHapus
  17. pak bagaimana rumus rentang tanggal tapi kriteria acunnya 3 kriteria, yang bapak contoh kan dalam kasus 2 hanya 2 kriteria, saya udah coba utak-atik rumus bapak susah, mohon bantuannya

    BalasHapus
  18. MOHON BANTUANNYA YA BANG MASTER
    gini kasusnya. ada 2 kolom..seperti dibawah..

    A 1
    B 2
    A 3
    A 4

    saya mau ambil nilai A dg pakai rumus VLOOKUP, dg table_arraynya ring kolom di atas..
    hasilnya itu yang terbaca nilai A paling atas yaitu angka 1...
    pertanyaannya dg table_array kolom di atas saya mau yg tampil terbaca bisa memilih yg terbaca nilai A paling atas(angka "1"), nilai A dr atas nomor 2 (angka "3"), dst ..

    terimakasih,.

    BalasHapus
  19. selamat malam pak!
    bagaimana mencari data yang bila ditemukan maka tampilkan "ada" bila tidak ditemukan tampilkan "kosong'.(biasanya tertulis #N/A).
    contohnya:
    saya ada tabel pembanding yang lain untuk mengecek apakah salesman si "A" ada di tabel salesman contoh diatas.Thanks

    BalasHapus
  20. maaf pak mau tanya,,
    kalau mau mindahin data dari sheet yang 1 ke sheet yang berbeda itu gmana ya pak caranya...?
    terima kasih
    mohon di balas ya pak..

    BalasHapus
  21. Maaf Pak mau tanya.

    Bagaimana rumus untuk menampilkan data berdasarkan referensi baris dan kolom.

    jan feb mar apr may jun
    andi 7 8 6 9 4 2
    bayu 3 6 9 8 5 1
    desi 3 5 6 8 7 4
    ika 2 5 6 8 4 2


    Bagaimana formulanya jika kita mau ambil data berdasar referensi "ika" bulan "mar".


    Mohon Bantuannya.

    Thx

    BalasHapus
  22. Pak,

    Mau tanya.

    Kalau saya punya data harga di sheet 1 sbb:
    Kode harga 1A di JKT=100, MKS=101, BDG=99, MDN, 106, SBY=104
    Kode harga 1B di JKT=102, MKS=104, BDG=100, MDN, 111, SBY=106
    Kode harga 1C di JKT=104, MKS=107, BDG=101, MDN, 116, SBY=108

    Kemudian di sheet lain saya butuh info harga :
    Kode 1C di BDG, harganya=?
    Kode 1C di SBY, harganya=?
    kode 1A di MKS, harganya=?

    itu pakai rumus yang bagaimana ya?


    Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada contoh file-nya pak?, dan mohon dijelaskan persoalannya di file tersebut. Email ke rizkyu@aol.com

      Hapus
  23. Pak Rizky.. kalau mau menggabungkan data dalam 1 tahun yang terdiri dari nama bulan mulai januari sampai desember dalam satu menu dropdown gimana.? Tolong penjelasannya...
    kirim ke email kami "bkm.kenanga@gmail.com" terimakasih atas perhatiannya
    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada contoh file-nya pak?, dan mohon dijelaskan persoalannya di file tersebut. Email ke rizkyu@aol.com

      Hapus
  24. Pak, klo kriterianya ada 2. tapi kriteria 1 datanya di merge cell. sedangkan kriteria 2 tidak.
    misal. kriteria 1 = single tapi kolomnya di merge cell. sedangkan kriteria 2 = kelas 1, kelas 2, kelas 3 dan VIP. bagaimana rumusnya pak.? Mohon bantuannya. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada contoh file-nya?, dan mohon dijelaskan persoalannya di file tersebut. Email ke rizky_bh@ugm.ac.id

      Hapus
  25. pak, saya kesulitan mengerjakan kasus yang seperti bapak kerjakan di atas, namun berbeda bentuk tabel bantunya pak,
    saya sulit menjelaskannya pak, saya akan mengirimkan contoh filenya saja
    mohon bantuannya pak, contoh filenya akan saya kirim ke email bapak, untuk alamat emailnya yang bisa saya kirimi ?? terima kasih

    BalasHapus
  26. dikirim saja ke rizkybhendrawan@gmail.com

    BalasHapus
  27. Terimakasih ya sangat membantu :) dan sangat mudah untuk saya pahami

    BalasHapus
  28. Pak, gimana caranya memberi tanda { atau } didepan atau dibelakang rumus, soalnya setiap rumusnya diklik tandanya langsung hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah membalas email Bapak/Ibu, dan saya memberikan keterangan tentang hal tersebut

      Salam

      Hapus
  29. MOHON SHARE...
    Bagaimana cara mengambil data dengankriteria tertentu, misal dari tabel diatas, saya haanya ingin mengambil data/naama orang yang berasal dari wilayaah selatan saja.... mohn share ke hafizhperdana@gmail.com

    BalasHapus
  30. Mudah saja dengan SUMIFS :

    =SUMIFS(E2:E11;C2:C11;C14)

    BalasHapus
  31. pak mohon penjelasan. bagaimana membuat rumus vlookup dengan banyak table array, misal 5 table berbeda.suwun

    BalasHapus
  32. Ada contohnya Pak? kirim saja ke rizkybhendrawan@gmail.com mudah2xan saya bisa bantu

    BalasHapus
  33. Pak saya mau tanya mengenai rumus untuk Kolom K L M N O P yaitu x1 dan y1, x2 dan y2, x3, dan y3. Persoalan untuk mengambil data dari x dan y yang ada di kolom B dan C berdasarkan data acak yang ada ok na di kolom H I J . Tapi dengan menggunkan rumus pak bkan skedar d copy datanya. Mohon bantuannya ia pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada file excelnya? Kirim saja ke rizky_bh@ugm.ac.id, Saya kurang mengerti hanya dari penjelasannya

      Salam

      Hapus
  34. Maaf pak saya mau tanya misal ada kolom seperti ini :
    no nama_alat jenis harga
    1 pensil alt tulis 2000
    2 penghapus alt tulis 500
    3 sendok alt makan 2000

    misal nya kalo saya ingin menampilakn data yang jenis nya alt tulis saja tapi ke sheet lain, itu rumus nya gmna ya pak ? mohon bantuan nya
    terimakasih

    BalasHapus
  35. selamat pagi Pak ...

    terima kasih atas ilmu barunya, btw mau tanya Pak,
    sy entri data siswa baru, sedangkan acak antara laki-laki dan perempuan, so sheet 1 berisi data base seluruh siswa baru, bagaimana caranya biar pada sheet 2 dan sheet 3 bisa sy kualifikasikan/pisahkan sendiri antara laki-laki dan perempuan, misal sheet 2 diisi laki-laki dan sheet 3 diisi perempuan... gimana cara dan rumusnya y pak??

    terima kasih ilmunya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Pak.......

      Bisa pak dengan rumus, tetapi apakah bapak ada contoh kasusnya? Berupa file excel kirim saja ke email saya rizkybhendrawan@gmail.com

      Hapus
  36. Gan..
    Mohon beri inspirasi :D masih 'stuck' blom ada referensi..

    Bagaimana pengambilan stok dibeberapa lokasi, seperti simulasi dibawah ini :

    kodebar stock ambil sisa
    --------------------------------------
    35-2560 144 144 0
    35-4298 192 168 24
    35-3911 120 100 20
    ---------------------------------------

    dengan 'output' seperti dibawah, karena ada dibeberapa lokasi :

    lok kodebar stock ambil sisa
    ------------------------------------------
    5000 35-2560 48 48 0
    5016 35-2560 48 48 0
    5017 35-2560 24 24 0
    5019 35-2560 24 24 0
    5010 35-4298 96 96 0
    5012 35-4298 48 48 0
    5060 35-4298 24 24 0
    5209 35-4298 24 0 24
    5009 35-3911 36 36 0
    5011 35-3911 36 36 0
    5230 35-3911 24 24 0
    5234 35-3911 24 4 20
    ----------------------------------------

    bagaimana formulasi 'ambil' dan 'sisa' melihat 'kodebar' dan 'lok' ?

    thk's Gan.. :)



    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon dijelaskan lewat file excel mas, saya kurang lihat angka2x diatas, mohon ditampilkan juga hasil yang diinginkan dan dengan logikanya kenapa demikian, silahkan kirim ke rizkybhendrawan@gmail.com

      Salam

      Hapus
  37. Tolong bantuannya mas, sy bertanya lewat email...

    BalasHapus
  38. Selamat siang Pak bisakah saya menanyakan pertanyaan melalui email Bapak? Mohon dibalas. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan jika ada yang ditanyakan bisa lewat rizkybhendrawan@gmail.com

      Hapus
  39. Selamat pagi pak gimana ngambil data perkelas dari data siswa semua kelas ,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tulis mengenai hal yang sama disini:

      http://tips-rumus-excel.blogspot.co.id/2014/04/mengambil-data-dengan-multi-results.html

      Hapus
  40. om saya coba kok ga bisa yah....udah saya email data saya dan kebutuhan saya

    BalasHapus
  41. Gan aku punya data : No - Nama - Juara
    1 A juara 1 bulu tangkis
    juara 2 karate
    juara 3 judo

    Tolong : jika data di akses melalui Vlookup di sheet lain dengan format sama gimana pemecahannya, padahal data nama bisa ratusan bahkan mungkin ribuan persis diatas. Makasih banget pertolongannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya contoh file kasusnya? dikirim aja ke rizkybhendrawan@gmail.com

      Hapus
  42. Pak mohon bantuannya ,
    Contoh kasus data saya yang permanen dan nggak bisa diganti
    Kolom a (panjang) , b (berat) ,c (harga)

    Gimana rumusnya ketika saya ketik manual panjang sama beratnya ,otomatis harganya juga muncul ,sesuai dengan aslinya?

    *pasangan panjang sama berat bervariasi tidak selalu sama

    BalasHapus
  43. Pak rizki mohon bantuannya,
    Bagaimana caranya jika sya ingin mengambil nilai dari kode yg sama dgn vlookup pa?
    Contoh:
    AB 4
    AA 56
    AB 30
    AB 20

    Nah dari data di atas, saya ingin mengambil nilai AB pertama(4), nilai AB kedua(30), nilai AB ketiga(20) dalam satu cell pa.. jadi nanti di cell trsbt bisa tampil spt ini 4+30+20.

    Mohon bantuannya Pak Rizki, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk hasil lebih dari satu dalam 1 cell tidak bisa mas, karena keterbatasan kemampuan rumus excel, mungkin harus dengan makro/vba, tetapi jika hasilnya tidak dalam 1 cell, hal itu bisa dilakukan, silahkan lihat posting saya di

      http://tips-rumus-excel.blogspot.co.id/2014/04/mengambil-data-dengan-multi-results.html

      Hapus
  44. Pak Rizky,

    Saya ada data sbb :

    A T
    Erif 6000
    Amin 5000
    Rina 9000
    Anto 6000
    xxxx xxxx

    Saya mau kasih tambahan harga 5% untuk yang namanya "erif" bagaimana rumus kalkulasinya supaya otomatis? apa saya harus buat kolom tambahan harga dan harga akhir (tambahan+harga dasar)?

    sekian terimakasih

    BalasHapus
  45. saya sudah kirim pertanyaan saya lewat email ke rizkybhendrawan@gmail.com
    mohon bantuannya..
    terima kasih

    BalasHapus
  46. Sangat membantu sekali pak saya sudah muter muter akhirnya dapet

    BalasHapus
  47. Assalamualaikum..
    Pak saya ingin bertanya bagaimana rumus vlookup dengan 2 kriteria pak
    misalkan saya ada data customer dan jenis truk untuk delivery
    rumus vlookupnya bagaimana ya pak jika menggunakan 2 value
    misalkan saya ke PT A pake Truk B harganya 12.000
    saya email ke bapak ya

    BalasHapus
  48. Assalamu'alaikum pa Rizky,
    mohon bantuannya pa, saya sedang membuat laporan berbasis excel, namun mengalami kesulitan merumuskan. saya sudah kirim contoh permasalahannya ke email bapak rizkybhendrawan@gmail.com . jika berkenan mohon dibantu pa. terima kasih sblumnya.
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  49. Assalamu'alaikum pa Rizky,
    mohon bantuannya pa, saya mempunyai sebuah data terdiri dari NO. KODE. NAMA. HASIL FU. STATUS. nah disini kata kuncinya adalah kode. saya ingin jika saya ketik kode AJG midalanya maka akan muncul data seluruh kode AJG. jika berkenan mohon dibantu rumusnya pak terima kasih sblumnya.
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  50. Wass

    Apakah ada contoh file excelnya? silahkan kirim saja ke rizkybhendrawa@gmail.com

    Rizky

    BalasHapus
  51. Assalamualaikum pak rizky
    saya ingin bertanya, bagaimana rumus untuk mengambil beberapa jumlah data dari suatu kolom
    misalkan:
    Dalam 1 kolom jumlah datanya ada 10.000 nah saya mau ambil data nya per 500 data pak dari keseluruhan data tersebut
    terimakasih pak, mohon bantuannya

    BalasHapus
  52. Pak Rizky,

    Terima kasih banyak untuk jawaban pertanyaan via email
    untuk VLOOKUP dengan banyak hasil (pakai INDEX dan ROW COUNTIF)

    Thanks & sukses selalu
    Aho

    BalasHapus
  53. Terima kasih juga atas feedback-nya

    regards

    BalasHapus
  54. Pa rizky mohon bantuannya, saya punya permasalahan seperti ini,
    Saya punya tabel isian dari januari sampai dengan desember tapi sheet atau tabel nya beda tiap bulannya, bagaimana jika tabel isian dari jan - des disatukan supaya lebih simpel seperti drop down list perbulannya, jadi jika saya klik bulan februari pada list data nya maka isian tabel akan berbeda sesuai nama bulannya otomatis,mohon bantunnya pa rizky

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah ada contoh file excel-nya? Dapat dikirim ke rizkybhendrawan@gmail.com

      Hapus
  55. pak rizky, mohon bantuannya.. saya mau membuat invoice, biar kolom2 di invoice terisi data sesuai nama dan bulan penagihan gmn ya,? kl manual suka ada yg kceletot.. heee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supaya lebih jelas file kasusnya dapat dikirim ke rizkybhendrawan@gmail.com

      Hapus
  56. pak rizky, saya kirim contoh case ke email bapak.
    bisa tolong bantu selesaikan ya pak.
    terima kasih.

    BalasHapus
  57. Mas Rizky saya sudah mencoba case saya dengan beberapa rumus yg sudah mas Rizky sarankan di sisni,
    tapi masih "N/A" juga,
    saya sudah email ke rizkybhendrawan@gmail.com untuk case saya,
    mohon dibantu ya mas..

    terima kasih -cecilia-

    BalasHapus
  58. Pak Rizky mohon bantuannya untuk case saya ini.... saya punya data periode,nomer klient,tgl complited. Jika pada periode berbeda "bulan januar 2016 dan februari 2016 ada nomer klient yang sama saya mau mengambil data tgl complited dengan bulan terbaru dengan rumus vlookup bagaimana ya Pak...karena kalau saya pakai rumus penggabungan vlookup dan if tgl yang ikut adalah selalu tgl yg pertama.


    Terimakasih-fauzi

    BalasHapus
  59. apakah rumus vlookup bisa digunakan jg untuk huruf (kata) pak? karna saya mencoba hasilnya #NA

    BalasHapus
  60. Bos, Mau Nanya, gimana caranya dalam vlookup, kita hanya input salah satu code/kolom tapi hasil sama,
    Contoh :
    Colom A. Kode 10 digit, kolom B: 13 digit, kolom C; Desciptionnya, kalau kita mau vlookup hanya input salah sato code supaya hasilnya yg C sama gmana ya

    BalasHapus
  61. siang pak mau nanya..
    data saya gini

    periode perbulan --> 12 24 dan 36 (udah dijadiin data validasi) di D5
    terus bawahnya
    Periode(di D7) Tanggal(E7) Angsuran(F7) sisa Angsuran( G7)
    kalo pilih periode perbulan 12 maka muncul data dari periode 12 secara otomatis..
    begitu pula kalo pilih 24 maka muncul data dari periode 24..
    gimana ya caranya..?
    soalnya yang udh saya coba pake row tetapi nomornya harus di geret kebawah bukan otomatis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kurang jelas, lebih jelas mungkin kirim aja ke rizkybhendrawan@gmail.com atau ke rizkyu@aol.com

      Hapus
  62. Pagi, saya mau buat surat pakai excel,
    Saya memiliki 2 sheet, satu sheet "data" dan sheet "surat", tapi gimana caranya mengambil data pada baris sheet "data", hanya dengan mengetikkan no barisnya saja di sheet"surat", maka data tsb langsung muncul di sheet "surat"?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kurang jelas, lebih jelas mungkin kirim aja ke rizkybhendrawan@gmail.com atau ke rizkyu@aol.com

      Hapus
  63. Pak rizky.. mohon maaf link download file latihannya saya tidak bisa cara mendownloadnya krn harus log in tp sama tdk memiliki akun. Tdk ada pilihan sign up. Mohon dikirimkan ke email rahmayanti.weny@gmail.com

    BalasHapus
  64. Mohon maaf pak rizky. Saya tdk bisa mendownload link download file latihan krn saya harus log in sedangkan saya tdk memiliki akun dan tdk bisa sign up. apakah ada link download lain pak?

    BalasHapus
  65. Siang pak, saya pnya prmslhan excel sprti ini. Dikolom A trdpt tanggal katakan dr 1/1/2016 hingga 10/1/2016 terisi mlai dr cell A1 hingga cell A10, kemudian dikolom B, trdapat nama karyawan, ada 3 nama secara umum, budi, amin, tika. Ketiga nama ini mengisi baris b1 hingga b10 scra acak dan bisa terdapat dua kali nama yg sama. Pertanyaan saya, bgmna caranya saya dapat membuat tabel baru dgn 3 nama diatas, kemudian dikolom berikutny diisi setiap tanggal yang namanya terdapat pada tabel yang pertama td? Mhon pencerahannya pak..makasih banyak

    BalasHapus
  66. Silahkan diunduh disini pak, saya berikan contoh rumus dengan lay out tabel yang bapak maksudkan, saya pake rumus array yak.

    https://simpan.ugm.ac.id/s/3x0fGiiRvmEGmOE

    salam

    BalasHapus
  67. selamat pagi pak,

    Saya ingin bertanya pak,
    cara untuk ngecek data yang ada di tabel A namun tidak ada di tabel B gimana ya pak?

    mohon bantuannya pak,

    Terimakasih.

    BalasHapus
  68. Silahkan follow this link, Saya berikan contoh di file ini sesuai data yang diinginkan

    https://simpan.ugm.ac.id/s/EyLjYPNU4QU4vBK

    BalasHapus
  69. Assalamualaikum pak,
    saya ingin bertanya, gimana caranya bila ada data disheet1 dari cel A1-A7 nama yg sama, saya ingin kelompokkan, tapi hasilnya semua tercopy satu baris. contoh :
    A1-A7 | b1-b7 | c1-c7
    adi | 100 | baru
    iwan | 200 | lama
    adi | 140 | baru
    budi | 300 | lama
    budi | 100 | baru
    adi | 120 | lama
    iwan | 150 | lama

    hasilnya semua nama "adi" terumus secara otomatis kebawa walaupun ditambahkan datanya, bukan hanya data diatas.. rencana mau tempatkan di sheet2
    Mohon bantuannya Pak..
    Wassalam..


    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin lebih jelas jika ada file excelnya, kirim saja ke rizkybhendrawan@gmail.com disertai penjelasan yang detil tentang hasilyang diinginkan

      Hapus
  70. Pak tolong dibantu , saya ingin mencari nilai berdasarkan tanggal periode( misalnya dari 1 sampai dengan 10 juli 2016, maka hasilnya mengikuti tanggal tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah ada contoh file excel-nya? Kirim saja ke rizkybhendrawan@gmail.com, supaya lebih jelas melihat masalahnya

      regards

      Hapus
  71. Pak tolong dibantu, saya ingin mencari tanggal transaksi terakhir dari sheet lain yang mempunyai beberapa transaksi. Saya email ya pak

    BalasHapus
  72. silahkan ke rizkybhendrawan@gmail.com, mudah2xan saya bisa bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya kirim pak. mohon dicek pak

      Hapus
  73. Pak. saya ada kasus seperti ini:
    Misal ada dua sheet. Sheet1 dan Sheet2.
    Lalu di Sheet1 Cell A5 ingin menampilkan data Cell B5 Sheet2.
    Kemudian di Sheet1 Cell A6 ingin menampilkan data B10 Sheet2.
    Lalu di Sheet1 Cell A7 ingin menampilkan data B15 Sheet2.
    Begitu seterusnya.
    Ini bagaimana ya supaya otomatis.. kalau satu2 lumayan

    BalasHapus
  74. Jika saya tidak salah tangkap maksud Bapak, mungkin seperti ini, letakkan rumus ini Sheet 1 cell A5 dan copas ke bawah :

    =INDEX(Sheet2!$B$1:$B$20;(ROWS($A$1:A1)-1)*5+5)

    hope this works

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa pak. Error. yg di $B$20 di block hitam pas error.
      Saya kirim datanya pak ke email

      Hapus
    2. kirim saja ke rizkybhendrawan@gmail.com atau rizkyu@aol.com

      regards
      Rizky

      Hapus
  75. Pak Rizky Mohon bantuannya ya,

    Sya lagi bingung untuk menggabungkan antar sheet, di sheet 1 untuk tranksaksi dan di sheet 2 reportnya, logikannya ketika dalam pengimputan transaksi jumlah akan terimput dalam sheet report dengan kolom yang acak. untuk referensi dari sheet report adalah tanggal dan kode barang.
    Contoh : Sheet transaksi ada beberapa kolom (No.Tanggal.Kode Barang.Nama Barang.Transaktor.Jumlah.Satuan) Horizontal, ketika dalam penginputan jumlah barang akan secara otomatis terimput pada kolom sheet Report (kolom Sheet Report cel tanggalnya vertikal dan untuk cel Kode barang horizontal), jumlah barang yang tadinya di input di sheet tarnsaksi akan mengisi kolom di sheet report dengan per tanggal dan menyesuaikan kolom kode barang tsb.

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika anda punya contoh kasus excel-nya, silahkan kirim saja ke rizkybhendrawan@gmail.com atau ke rizkyu@aol.com, dan jangan lupa anda jelaskan detil untuk hasil yang ingin ditampilkan dan datanya diambil darimana.

      Hapus
  76. Terimkasih atas refernsi formula yang sudah diberikan pak.

    saya memiliki data dengan pola horisontal.
    sudah saya coba berbagai alternatif rumus yang bapak tawarkan. tapi hasilnya tdk mulus semua (muncul #value atau #N/A). ada salah satu cukup mendekati berhasil yaitu yang SUMIFS. Tapi hasilnya kok muncul angka 0 (nol) ya bapak?
    bahkan ketika saya coba dg pola data vertikal pun ternyata juga sama.
    apakah ada solusi bpk?

    terimakasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda coba menghitung atau menjumlahkan? Ya SUMIFS hanya untuk pola data yang vertikal, untuk yang horizontal perlu rumus lain yaitu SUMPRODUCT, Jika anda punya contoh kasus excel-nya, silahkan kirim saja ke rizkybhendrawan@gmail.com atau ke rizkyu@aol.com, dan jangan lupa anda jelaskan detil untuk hasil yang ingin ditampilkan dan datanya diambil darimana.

      Hapus

      Hapus
    2. Baik bapak. saya kirim via email ya..
      terimkasih banyak sebelumnya..

      Hapus
  77. Bapak Rizky, mohon maaf kalau mau ngisi harga barang dengan harga yang terakhir bagaimana yah (barang tsbt berkali-kali dibeli dgn harga yg berbeda)tapi didaftar barang maunya terisi otomatis dg harga terakhir di beli.

    terima kasih

    BalasHapus
  78. permisi pak, saya mau tanya rumus excel.
    contoh: di kolom A1 nilai 78, dikolom B1 nilai 76. bagaimana rumus cara memilih/menyalin salah satu dari kolom tersebut yang lebih besar dari nilai 77 di C1.

    BalasHapus
  79. pak rizky, saya sedang belajar membuat peta koordinat grid, mohon bantuan untuk kombinasi formula untuk mengisi letak no kolom, baris dan warna pada tabel. file excelx saya kirim lewat email bapak. sebelumya sy ucapkan salam hormat dan terima kasih..

    BalasHapus
  80. Bapak Rizky mohon bantuan rumus excell pak. bagaimana mencari data dari 2 data referensi. misalkan saja Tabel yg dipakai Tabel Gaji PNS Tahun 2015. dibagian ROW (masa kerja) bagaian kolom (Golongan). contoh Kita ingin mencari seseorang dengan gol II/a masa kerja 10 tahun. untuk mendapatkan gapoknya berapa bagaimana rumusnya ya pak.

    terima kasih atas informasi Pak Rizky.

    BalasHapus
  81. Mohon bantuannya Pak , saya ada kirim email ke Bpk baru saja. Mohon bantuannya ya , tQ.Gbu

    BalasHapus
  82. Wah Postingan2nya sangat bagus dan inspiratif untuk penyelesaian tugas saya Pak Rizky... Trimakasih banget.

    Sebelumnya terimakasih barangkali bapak bisa membantu saya. Saat ini saya membuat database siswa via exel. Saya ingin kode pos yang ada itu muncul otomatis jika desa, kecamatan dan kabupaten telah terisi. Kerena KTP ortu sebagai rujukan alamat saat ini tidak ada kode pos. Ketika membuat rumus dengan vlookup, saya menemukan kendala:
    1. Banyak Nama Desa yang sama
    2. Ternyata satu kode pos banyak digunakan untuk beberapa desa, bukan satu desa.
    Ketika pakai vlookup maka tidak bisa valid. Barngkali bisa memberikan masukan...
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada contoh file excelnya pak? kirim saja ke rizkybhendrawan@gmail.com atau rizkyu@aol.com

      Hapus
    2. Terima kasih banyak pak atas hasil rumus yang telah bapak kirim via email. Semoga kebaikan bapak dibalas Tuhan.
      Benar-benar fast respon.

      Hapus
  83. siang pak,

    Saya mau tanya bagaimana rumus untuk mendapatkan hasil dari sheet yang berbeda?

    Contoh :
    Jika di Sheet A terdapat kolom umur, kecepatan dan nilai
    Sheet B data yang akan kita pakai sebagai file yang kita cari yang terdapat nilai sesuai dengan umur dan kecepatan.

    Jika saya mengetikan umur dan kecepatan di Sheet A bagaimana rumus kolom nilai pada sheet A otomatis berubah sesuai data dari sheet B ?

    Terimakasih

    BalasHapus
  84. Malam pak, sy juga ingin bertanya, ap rumus untuk cth kasus sperti in. Sheet 1 ad kolom ,juli, agustus, september, nominal.
    Sheet 2 dan sheet 3 juga sama.
    Kolom juli, agustus dan september memiliki isi tanggal dan bulan (contoh : pada kolom juli: 1-jul, 24-jul, dan 5-sept, kolom agustus : 3-jul, 4-aug, 5-sept) kemudian sheet 4, saya punya kolom juli, agustus dan september lagi. Saya ingin transaksi semua bulan jul pada smw kolom di sheet 1 itu, nilai pda kolom nominal masuk ke kolom juli sheet 4. Intinya ( jika ad kata "jul" maka nilai pada kolom nominal pindah ke kolom juli sheet 4)

    BalasHapus
  85. Mohon maaf pak, mohon bantuannya sy ada ontoh kasus


    a a b b
    1 2 1 2
    1 agus
    2 silvi anas anas anas
    3 anas wahyu wahyu wahyu
    4 wahyu imam imam imam
    5 imam gunawan gunawan gunawan



    misal sy mau menampilkan dikolom C (a1) pada kolom A14 (list) lalu saya pilih dari list tersebut silvi kemudian muncul list di kolom A15 angka 12345 itu rumusnya seperti apa yah pa.. Mohon bantuannya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin lebih jelas jika anda kirim file excel ke email di rizkybhendrawan@gmail.com atau rizkyu@aol.com

      Hapus
  86. Mau tanya.. Kalau mau mencari value dari kolom dan baris bersamaan bagaimana caranya?

    Misal saya mau mencari data A1 dari tabel :

    Kolom / Baris 1 2 3 4 5 6 7
    A 500 100 50
    B
    C
    D

    Value yang saya cari adalah "500".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ada file excel-nya, silahkan kirim ke rizkybhendrawan@gmail.com atau di rizkyu@aol.com, dengan memberikan keterangan yang jelas dan detail apa hasil yang diinginkanm

      Hapus
  87. Pak kalau mengambil data yang kita inginkan dari excel 1 ke excel 2, sesuai jam dan tanggal yang kita inginkan bisa tidak pak?misalkan jam 00.00 atau 01.00 Masalahnya rownya bertambah seiring bertambahnya waktu (tiap 5 detik) . Jadi ketika waktunya bertambah 5 detik, rownya bertambah kebawah...
    TerimKasih
    Kas

    BalasHapus
  88. pak ini saya binggung dg rumus penggabungan vlookup dg dua abbray (katanya guru), tolong saya
    data dah saya emailkan, makasih

    BalasHapus
  89. Bos, numpang belajar nih, kalau misalnya kita mau menampilkan baris nama-nama secara vertikal ke bawah dengan kondisi pilihan bagaimana ya.
    Misalnya :
    Sales A
    dealernya adalah B,C,D,E,F
    Sales B
    Dealernya adalah G,H,I,J,K,B
    Sales C
    Dealernya adalah H,I, C,D,E

    Jadi kalau saya pilih nama sales B, maka nama nama dealer yang muncul adalah hanya G,H,I,J,K,B.

    yang lain nya tidak muncul.

    atas ilmunya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SIlahkan unduh disini rumusnya

      https://simpan.ugm.ac.id/s/NeyKYkHohfvea7Y

      Hapus
  90. Maaf pak mau tanya maklum newbie...hehehe..
    Bagaimana menggunakan rumus untuk soal :
    Jika data misal
    A B C D E
    - 12 3 5 7
    - 12 - 6 5
    - 12 - 7 2
    - 12 6 8 6
    - 12 7 9 7

    perintahnya isikan A dengan data di C, jika C kosong ambilkan dari E.

    BalasHapus
  91. Bagaimana mengunci rumus dari pengambilan cell yg dimerjer agar tidak rusak..?

    Misal : Cell A1: "=C1" dan B1: "=D1". Kemudian cell C1 dan D1 dimerjer, rumus di B1 kan jadi error. Bagaimana membuat kunci / protect rumus agar pengambilan dari cell yg dimerger tidak rusak..? Nuwun.

    BalasHapus
  92. Terima kasih ILMUNYA pak
    . Bermanfaat

    BalasHapus
  93. mohon bantuannya pak Rizky, saya sudah kirim email. mohon pencerahannya. terima kasih!!!!

    BalasHapus
  94. Pak saya mau bertanya
    Jika ada dua data yg sama dalam 1 sheet.

    Contoh nama a status b umur 21 , nama a status b umur 23

    Sayaa menggunakan rumus vlookup untuk mengambil data umurnya, tapi yg bisa saya ambil selalu data pertama yt umur 21 tidak bisa umur 23, apa ada solusi?

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon disediakan file excel kasusnya dan kirim ke rizkybhendrawan@gmail.com atau ke rizkyu@aol.com

      Hapus
    2. bisa minta contoh file nya pak?

      Hapus
  95. Mohon pencerahan mas Rizky,sy py data stok 3 sheet,lembar kerja database dan laporan,di laporan itu hasilnya loncat2 tidak urut krn sesuaikan data di lembar kerja,gmn caranya ya mas? Thx

    BalasHapus
  96. Pak kalau mau menentukan regional dari beberapa daerah, pakai rumus apa ya supaya tidak di input satu2?
    contoh:
    regional 1
    surabaya
    semarang jogja
    jakarta

    regional 2
    bali
    mataram
    lombok

    tapi pada raw data excel tidak tertulis nama regionalnya. apa rumus supaya tidak harus filter per wilayah kemudian input/ketik nama regionalnya satu2?

    BalasHapus
  97. Anda punya contoh file excelnya? Saya lebih nyaman jika ada file excelnya, kirim saja ke rizkybhendrawan@gmail.com atau rizkyu@aol.com

    BalasHapus
  98. Pak. Utk mencari rumus kode karyawan gmn caranya pak.di ambil dari data cell c2+b2.Mis cell b2 20021234001, cell c2 arman maka di cell d2=rm0212. Mhn bantuannya pak.. Trims

    BalasHapus
  99. P Rizky, saya sudah kirimkan file excel tabel penggajian (Tabel gaji model PNS), mohon bantuannya untuk bagaimana menampilkan gaji berdasarkan kriteria MKG, Gol dan Ruang, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Email anda sudah saya balas, terima kasih

      Hapus
    2. Terima kasih atas bantuannya, sangat bermanfaat sekali

      Hapus
  100. Pak Rizky, saya ada contoh kasus yg blm ketemu rumusnya. Sudah saya emailkan ke bapak. Tolong bantuannya pak.
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  101. Pak Rizky, saya ada kasus excel untuk mengambil data dengan multi kriteria. Sudah saya emailkan ke bapak.Mohon bantuannya.
    Thanks

    BalasHapus
  102. Pak rizky ... mohon bantuannya terkait kasus multi kriteria yang belum terpecahkan ... Barangkali bapak punya solusi untuk saya, terima kasih. File sudah saya email Pak.

    BalasHapus
  103. Pak Rizky, saya ada kasus excel untuk mengambil data dengan multi kriteria. Sudah saya emailkan ke bapak.Mohon bantuannya.
    Thanks

    BalasHapus
  104. Selamat Siang Pak. saya ada kasus excel mohon untuk cek email nya Pak
    Thank you

    BalasHapus
  105. Pak Rizky mohon bantuannya untuk data yang sudah saya email ke Bapak ya, nuhun

    BalasHapus
  106. saya sudah kirim ke email bapak yg rizkybhendrawan, mohon bantuannya ya pak :)

    BalasHapus
  107. Pak Rizky, minta tolong bantuannya utk input biodata peserta yang belum ketemu rumus excelnya, datanya sudah sy email.
    Makasih.

    BalasHapus
  108. Selamat siang Pak Rizky

    Mohon bantuannya , saya punya permasalahan dengan exel ,
    Saya menggunakan index dan match
    Di sheet 1 dengan pencarian data di sheet 2 sampai sheet 32 ...... Bagaimana rumusnya ya Pak ? Tolong dibantu
    Terima kasih atas bantuannya

    BalasHapus
  109. Master bagaimana solusinya ketika menggunakan rumus index and match dan referensinya kosong dan muncul angkal nol "0", bagaimana cara menghilangkan angka nol tersebut ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. And bisa menghilangkan angka 0 (nol) dengan custom formatting, penjelasan ada di postingan saya di sini
      http://tips-rumus-excel.blogspot.co.id/2016/08/menyembunyikan-angka-nol-dengan-custom.html

      Hapus
  110. Pak Rizky blog nya sangat bermanfaat buat rekan.
    Ijin bertanya bagaimana untuk menarik value data di tengah2 cell spt berikut?
    Contoh data value: abcd ; 1234 ; efgh ; 5678
    Bagaimana caranya saya menarik data 1234 saja atau 5678 dengan menggunakan excel? Menggunakan fitur mid tidak memungkinkan karena value abcd dll nya fleksibel urutan variable nya.
    Memnungkinan jika menggunakan rumus di mulai dari titik koma pertama atau kedua.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  111. Sangat bermanfaat sekali pak.. mohon petunjuk pak jika kita punya 4 tabel yg semua isi nya sama berisi NIK,NAMA,ALAMAT dan kita ingin mengambil data Nama dan Alamat Berdasarkan NIK dari 4 Tabel Referensi dgn Vlookup,kira2 bagaimana ya formulanya?

    BalasHapus
  112. Dear Pak Rizky,

    Mohon dibantu caranya, untuk membuat laporan absensi sebagai berikut:
    1. Inputan dari mesin absensi sebabagai berikut:

    misal karyawan dengan nama A
    in 17/5/2017 08:00
    out 17/5/2017 12.00
    in 17/5/2017 13.00
    out 17/5/2017 17:00

    Kita perlu rekap bahwa karyawan A
    pada tanggal 17/5/2017 Hadir

    demikian juga untuk karyawan lainnya , dimana salah satu dari 4 absensi ada, maka kesimpulannya karyawan tersebut hadir.
    Mohon dibantu pak Master.

    BalasHapus
  113. selamat sore pak,,

    makasih atas ilmu barunya, mau nanya ne, ini saya punya data alumni secara acak (misal dari angkatan 1 sampai 9)..
    nah saya mau mengelompokan berdasarkan angkatannya pada sheet lainnya (misal sheet 1 = angkatan 1, sheet 2 = angkatan 2, dst),,,
    bisa bantu untuk rumusnya pak,,,

    sebelumnya saya ucapkan terina kasih

    BalasHapus
  114. Selamat pagi pak,
    Saya ingin menampilkan sebagian data sheet 1 ke sheet 2
    contoh :
    ( pekanbaru
    pekanbaru
    pekanbaru
    pekanbaru
    siak
    siak
    pekanbaru
    indragiri )
    nah bagaimana caranya untuk menampilkan data pekanbaru aja pak.
    mohon bantuan nya pak. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan pak jika ada file kasusnya kirim ke email saya di rizkybhendrawan@gmail.com disertai penjelasan yang detail

      Hapus
  115. Assalamualaikum pak.
    mohon bantuannya pak Rizky, saya sudah kirim ke email untuk contoh kasusnya. Terimakasih.

    BalasHapus
  116. Selamat Pagi menjelang siang Pak Rizky..mohon bantuannya saya ada kesulitan dalam rumus vlookup dikarenakan data yg akan saya ambil tsb diambil dari rumus =RIGHT(xxx)
    contoh kasusnya:
    dikolom B (alamat) di C (kode pos)...kode pos tsb saya ambil dgn rumus...di kolom D (area)..di kolom D (yg akan keluar tsb adlh jabodetabek,bandung, surabaya) saya akan menggunakan rumusan vlookup yg dilihat dari kolom c sebagai kode posnya..vlookup atau data nantinya yg jadi acuan saya buat di sheet2...mohon bantuannya pak..terimakasih

    BalasHapus
  117. selamat siang pak,
    saya ada sedikit pertanyaan. contoh kasusnya seperti ini :

    bawang merah 100 kg
    bawang putih 200 kg
    bawang bombay 50 kg
    bawang daun 10 kg
    cabe merah 5 kg
    cabe hijau 10 kg
    cabe keriting 20 kg
    beras cianjur 500 kg
    beras rojolele 500 kg
    beras kurmo 200 kg
    beras murah 1000 kg

    hasil yg diinginkan adalah total jumlah qty dengan format :

    beras ? kg
    bawang ? kg
    cabe ? kg

    apakah ada rumus cepat yg bisa digunakan utk mencari hasil nya?
    mohon pencerahannya. terima kasih banyak.

    irvan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mas follow his link, saya sudah buatkan contoh rumusnya

      https://simpan.ugm.ac.id/s/lX1hmChnuAMYlSK

      Hapus
  118. Kepada para pembaca yang ingin bertanya kepada admin silahkan kirim email langsung ke rizkybhendrawan@gmail.com atau rizky_bh@ugm.ac.id, terima kasih

    BalasHapus
  119. mohon pencerahan pak, saya sudah email bapak terkait kasus yang saya hadapi

    BalasHapus
  120. Pak, mw sy mau nilai kolom E1 di sheet 1 pindah ke sheet 2, tp kolom E1 nilai nya ni sdh pake rumus, rumus apa yg di pake d sheet 2 spy nilai di kolom E1 sheet 1 pindah k sheet 2? Trims

    BalasHapus
  121. Maaf Pak saya mau tanya, apabila di sheet1 itu data global dan saya mau mengkelompokkan data yang sama yang ada di sheet1 ke sheet berbeda.
    Contohnya : di sheet1 ada kode CPL, KTR, BPD, BIJB beserta diskripsi nya,
    dan yang saya inginkan apabila saya input data di sheet global maka otomatis akan muncul di masing - masing sheet yang sudah saya buat menurut kode yang ada di sheet global.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepada para pembaca yang ingin bertanya kepada admin silahkan kirim email langsung ke rizkybhendrawan@gmail.com atau rizky_bh@ugm.ac.id, terima kasih

      Hapus
  122. selamat malam pak.
    mohon bantuan nya untuk mencari rumus yang saya butuh kan dalam pembuatan pembukuan excel.
    bila bapak berkenan balas email saya.
    saya kirim kan ke email bapak permasalahan nya.
    terima kasih pak.

    BalasHapus
  123. kalau manggil data sesuai tanggal gmn ya Pak, tetapi masalahnya seumpama tgl 1-Okt-2017 itu dalam tabel itu lebih dari satu, jadi rumusnya gmn Pak,maaf kalau agak susah yg jelaskan

    BalasHapus
  124. Maaf Pak, Saya mau tanya.
    saya punya file pada sheet satu berisi

    id | kode_penjualan | barang
    1 p01 Buku
    2 p01 Pensil
    3 p01 Bolpen
    4 p02 Penggaris
    5 p02 Penghapus

    Saya ingin menampilkan semua barang yang memiliki kode_penjualan p01
    di cell B2,B3,B4 pada sheet2 ,
    Caranya gimana ya pak?

    BalasHapus
  125. maaf pak mau tanya,
    saya punya data 3 Sheet

    Sheet 1 berisi data bulan 1
    dengan colom a berisi no registrasi, colom b bersisi uang pembayaran.

    Sheet 2 berisi data bulan 2
    dengan colom a berisi no registrasi, colom b bersisi uang pembayaran.

    yang saya tanyakan, bagaimana memanggil data dari 2 sheet tersebut secara bergantian pada sheet 3.
    contoh jika pada sheet 3 kolom c saya isi anggka 1 maka data akan diambil dari sheet 1 pada colom a dan b
    jika pada sheet 3 kolom c saya isi anggka 2 maka data akan diambil dari sheet 2 pada colom a dan b

    NB: Untuk colom c pada sheet 3 tidak harus angka. yang penting bisa manggil data secara bergantian dari sheet 1 dan 2
    terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan bapak kirim file excel kasusnya ke email saya di rizkybhendrawan@gmail.com atau di rizky_bh@ugm.ac.id, mudah2xan saya bisa bantu

      Hapus
    2. suda saya kirim melalui email pak. semoga bapak bisa membantu saya, terimakasi.

      Hapus
  126. super sekali mas Rizky
    Terimakasih tlh memberi solusi atas kasus excel saya.Tetaplah berbagi untuk dunia... smg Tuhan membalas kebaikannya.

    BalasHapus
  127. Pak Rizky, mohon bantuannya. Kondisinya sbb:saya sudah membuat dropdown list, lalu saya ingin:
    - jika saya klik data list1 pada dropdown list, saya ingin menampilkan satu kelompok data1 referensi (katakanlah ada di kolom B7:B12) pada kolom tertentu (mis. A7:A12)
    - jika saya klik data list2 pada dropdown list, saya ingin menampilkan satu kelompok data2 referensi (katakanlah di kolom C5:C12) pada kolom A7:A12 juga.
    - jika saya klik data list3 pada dropdown list, saya ingin menampilkan satu kelompok data3 referensi (katakanlah di kolom D7:D12) pada kolom A7:A12 juga.
    - dst..
    bisakah dibantu pak, sebaiknya pakai formula apa di excel?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan bapak kirim file excel kasusnya ke email saya di rizkybhendrawan@gmail.com atau di rizky_bh@ugm.ac.id, mudah2xan saya bisa bantu

      Hapus
  128. Pak rizky. Saya mohon bantuannya..
    Masalahnya sbb. Tiap bulan kita bikin rekapan pembelian, misal bulan 1 pak bejo beli gula tgl 5/1/17, rekapan berlangsung setiap bulan, ( perbulan workbook baru ) yg ingin saya tanyakan.. Apabila di bulan tertentu ( bln 11dsb) saya ingin mengetahui pembelian yg dilakukan pak bejo di tiap bulan bagaimana cara untuk memanggil data di workbook2 sebelumnya pak ? Terimakasih

    BalasHapus
  129. mas bisa bantu saya untuk menampilkan seluruh data dari beberapa tabel yg berbeda?
    jadi misalkan saya ingin liat suplier dengan nama x dari bidang mekanik tinggal ketik nama suplier saja maka nama suplier akan keluar dengan berbagai macam pekerjaanya.bila bidang di ganti prasarana maka akan sama akan muncul juga nama suplier tersebut namun pekerjaanya di bidang prasarana.sementara saya hanya bisa menampikan dari bidang mekanik saja terima kasih

    BalasHapus
  130. pak saya mau tanya cara nya agar 1 kolom di ketik "1" itu langsung pindah ke sheet lain itu gimana ya ? terima kasih

    BalasHapus
  131. pa minta bantuan
    kasusnya ada 2 sheet ,
    sheet 1 (master) berisi nik,nama,gaji (total record 10)
    shet 2 berisi nik,nama,gaji,lembur,jammulai,jamselesai (total record 6)
    bagaimana cara saya mengisi kolom gaji otomatis (di sheet 2) sesuai sheet 1 mengingat jumlah record beda (dengan record acak / beda antar sheet)
    tks

    BalasHapus
  132. Silahkan bapak kirim file excel kasusnya ke email saya di rizkybhendrawan@gmail.com atau di rizky_bh@ugm.ac.id, mudah2xan saya bisa bantu

    BalasHapus
  133. Hi! Someone in my Myspace group shared this site with us so I came to take a look.
    I'm definitely enjoying the information.
    I'm book-marking and will be tweeting this to my followers!
    Outstanding blog and wonderful style and design.

    BalasHapus
  134. Pak saya mau tanya untuk mengambil data misalnya
    Kolam A mempunyai isi nama2sekolah kolom B Nama siswa kolom C Nama kelas tapi saya mau ambil data sekolah cuma 5 nama sekolah yg beda soalnya nama siswa kan pasti banyak ada ribuan kalau saya ketik manual nama sekolah terlalu lama jumlah ada berapa

    Mohon bantuannya
    Terima kasih sebelumnya ?

    BalasHapus
  135. Slamat Malam Pak.
    Pak saya mau tanya
    saya sedang membuat faktur penjualan yang pengenya otomatis, jadi saya buat 2 sheets,
    sheet 1 itu untuk detail( nah saya kerjakan mengisi semuanya di sheet 1 ini
    Sheet 2 itu saya buat fakturnya..
    Note:: kadang ada faktur yang memiliki 1tem lebih dari 1
    nah masalah yang saya hadapi adalah kalau saya masukan no faktur di sheet 2 yang memiliki item lebih dari 1 dan menggunakan rumus ini
    =IF(ISNA(VLOOKUP($G$11,Details!$A$5:$O$40,5,FALSE)),"",VLOOKUP($G$11,Details!$A$5:$O$41,5,FALSE)) nama itemnya semuanya jadi sama kalau saya tarik..
    mohon pencerahannya pak

    BalasHapus
  136. mohon pencerahannya
    terima kasih

    BalasHapus
  137. pak mau tanya
    gmn rumus jika dalam satu kolom aku tulis 10,11,12 sampai 100 dan nanti akan tersusun otomatis di tempat kolom urut masing2

    BalasHapus
  138. Jika ada pertanyaan dan kasus silahkan langsung kirim ke email saya di rizky_bh@ugm.ac.id atau di rizkybhendrawan@gmail.com disertai penjelasan mengenai hasil yang diinginkan

    BalasHapus
  139. It's remarkable in support of me to have a site, which
    is beneficial for my know-how. thanks admin

    BalasHapus
  140. klo ingin isi tabel skor lama dari tabel referensi

    BalasHapus
  141. Quality articles or reviews is the crucial to interest
    the users to visit the web page, that's what this
    site is providing.

    BalasHapus